Pemkab Mamuju Targetkan 2015 Kemiskinan Sisa Lima Persen

Pada 2015 mendatang, Pemkab Mamuju menargetkan income pendapatan per kapita warganya bisa berada pada kisaran Rp20 juta per tahun atau sekira Rp1,8 juta per bulan. Hal itu disampaikan Bupati Mamuju, Suhardi Duka dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) di Gedung PKK Mamuju.

Dia menyampaikan optimisme itu mengingat tingkat pertumbuhan ekonomi warganya dan angka kemiskinan bisa ditekan secara perlahan. “Sekarang income masyarakat kita masih rendah berkisar Rp9 juta per tahun,” kata Suhardi Duka.

Dampaknya menurut Suhardi Duka, sejumlah investor masih berpikir menanamkan investasinya di Mamuju. Dia mencontohkan mengapa hingga saat ini belum ada satupun investor yang berminat memba
ngun pusat perbelanjaan di Mamuju sebagaimana ibu kota provinsi lainnya, lantaran daya beli masyarakat rendah.

Namun, dia menyampaikan jika income pendapatan warga bisa meningkat, maka investor dengan sendirinya akan

berlomba-lomba masuk ke Mamuju. Olehnya dia meminta pada masyarakat Mamuju memberikan jaminan penciptaan rasa aman dan tertib. Terlebih karena Mamuju menjadi rujukan pencitraan bagi kabupaten lainnya di Sulbar sebagai ibu kota provinsi.

Optimisme itu diungkapkan lantaran dalam kurun lima tahun terakhir, pihaknya mengklaim mampu menurunkan angka kemiskinan hingga 50 persen dari 16 persen di 2005. Saat ini angka kemiskinan masih berkisar 8 persen. Pihaknya juga menargetkan mampu menekan angka kemiskinan itu menjadi sisa 5 persen di 2015 mendatang.

“Kita optimis 2015 mendatang pendapatan masyarakat bisa meningkat dan angka kemiskinan bisa lebih ditekan,” sebutnya.

Advertisements
Comments are closed.
%d bloggers like this: