Lambang Daerah

NAMA LAMBANG

Sebagaimana dengan daerah lainnya, Kabupaten Mamuju juga mempunyai lambang daerah yang disebut ” MANAKARRA ” yang berarti ” Pusaka yang sakti atau petunjuk ”

BENTUK LAMBANG

Bentuk lambang daerah Mamuju berupa – enam perisai, melambangkan ketangkasan dan sifat kepahlawanan.

LUKISAN DASAR

1. Enam buah tali berpilin membatasi bidang – melambangkan persatuan yang kokoh bagi enam buah kecamatan daerah Kabupaten Mamuju (sekarang pemekaran daerah menjadi 16 kecamatan).
2. Enam mata rantai – melambangkan ikatan yang kokoh, kuat bagi suku-suku bangsa yang bersabar mendiami daerah Mamuju.
3. Bintang ini melambangkan bahwa penduduk daerah ini senantiasa menjunjung tinggi Ketuhanan yang Maha Esa.

LUKISAN INTI

1. Setangkai butir padi yang berbiji empat puluh lima dan setangkai kapas yang berbiji delapan, melambangkan cita kemakmuran berdasarkan Proklamasi 17 Agustus 1945.
2. Pita merah putih yang diatasnya dibalik aksara Manakarra, menggambarkan bahwa daerah Mamuju yang juga daerah Manakarra adalah bagian dari Negara Republik Indonesia di Proklamasikan pada 17 Agustus 1945 yang mengkeramatkan Sang Saka Merah Putih.
3. Sebuah tembok yang kokoh, kuat tersusun bertingkat enam pada tengah dasarnya terdapat sebuah roda yang melambangkan gerak pembangunan yang menyeluruh dan berencana yang dilaksanakan tahap demi tahap oleh tenaga manusia menuju kepada pengelolaan secara mekanisasi yang titik tolaknya diinspirasikan oleh hari 1 Juli 1966 sebagai Hari Kebangkitan Mamuju yang dijiwai oleh makna yang terkandung di dalam Pancasila.
4. Pada latar belakang lukisan-lukisan menggambarkan daerah Mamuju yang indah, subur terdiri dari gunung-gunung yang ditumbuhi hutan yang lebat dan daerah yang luas, dapat dijadikan sawah dan tanah perkebunan. Sedang perahu-perahu yang berlayar melambangkan alat perhubungan tradisional antara daerah dan pulau yang dipergunakan di daerah ini.
5. Lukisan gunung Sandapang yang berpuncak tinggi, di atasnya senantiasa dihiasi dengan awan yang putih melambangakan alam daerah Mamuju secara khusus dan sebagai cucuran dari cita-cita peningkatan daya juang setinggi mungkin oleh penduduk dalam rangka melaksanakan masyarakat adil dan makmur. Sedang awan yang putih tersedia untuk tempat mencatatkan nama bagi orang yang ingin turut memberikan dharma bhaktinya menuju cita-cita keadilan dan kemakmuran bagi segenap penduduk.

1. RUMUSAN ARTI

Mamuju dengan segala yang ada padanya berusaha membangun dan mengelola kekayaan alamnya setinggi mungkin untuk memperoleh kemakmuran yang merata bagi setiap penduduk sebagai realisasi dari masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

2. KESIMPULAN

Segala cita dan makna yang terkandung dalam lambang ini, dituangkan dalam nama “MANAKARRA”, inilah warisan dan petaruh nenek moyang yang diwariskan sejak dahulu kala yang menjadi tanggung jawab bagi angkatan yang datang kemudian, untuk membawa daerah ini di tingkat kemakmuran dan kejayaan.

Comments are closed.
%d bloggers like this: